Cara Membuat Rendang (Indonesian Rendang Recipe)



Rendang is one of popular dishes in Indonesia. Originally from Minangkabau ethnic in Padang, West Sumatra, Indonesia nowadays Rendang have commonly found across Indonesia even until the neighborhood countries such as Malaysia and Singapore. Rendang is known as spicy meat that often served in ceremonial occasion. Personally, I loved eating rendang and it is one of my favorite dishes. In 2011, Rendang also had picked as " The World 50's Most Delicious Foods" by CNN International. 


Rendang adalah salah satu makanan yang paling di gemari di Indonesia. Berasal dari suku minang kabau di Padang, Sumatra Barat, Indonesia, Rendang sekarang bisa di nikmati dan di temukan di seluruh Indonesia bahkan sampai ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Rendang adalah jenis makanan yang terbuat dari daging yang di masak dengan santan (coconut milk) dan di beri bumbu seperti cabai dan berbagai rempah lainnya. Rendang juga sering di hidangkan untuk berbagai acara adat, pesta dan acara resmi lainya. Secara personal, Rendang adalah salah satu makanan favorit saya. Di tahun 2011, Rendang juga dipilih sebagai salah satu makanan yang paling enak di dunia "The world 50's Most Delicious Foods" oleh CNN International.


Nowadays, rendang available everywhere and anytime from Minang or padang restaurants to other type of Indonesia restaurants, food courts, stalls even to warung style and street vendor across Indonesia. Another alternatives you also can try to make it at home by yourself.   In this article, I will write recipe about "How to make Rendang". If you searching in internet of course you will found there is so many Rendang recipes out there but this time is my own Mother recipe.  Enjoy and happy cooking...^-^

Sekarang, Rendang bisa ditemukan dimanapun dan kapanpun dari Minang atau padang restaurant, Indonesia restaurant, food court, warung, bahkan sampai ke kedai-kedai makanan di pingir jalan. Pilihan lainya jika anda ingin menikmati Rendang mungkin anda bisa mencoba membuatnya di rumah. Di artikle ini saya akan menulis resep tentang ; "Bagaimana caranya membuat Rendang". Bila anda mencari info di internet atau buku, tentu saja, begitu banyak resep cara membuat rendang di luar sana akan tetapi kali ini resep rendang ini adalah resep khusus buatan mama saya. Selamat Mencoba dan Selamat Memasak ^-^ 



Few Steps in Making Rendang (Beberapa langkah atau cara membuat Rendang);


1st Step ; Prepare the Ingredients
Langkah I ; Siapkan Bahan - Bahan

Firstly, prepare all of the ingredients that will be use such as spices,oil and pan. These are few ingredients that will be use to make Rendang:

Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang akan di gunakan seperti bumbu, minyak dan alat masak. Di bawah adalah beberapa jenis bahan yang akan di gunakan untuk membuat Rendang:
 

# Beef meat 1/2 kg (Daging 1/2 kg)

# Coconut 3 pcs (Kelapa 3 buah) ; Coconut milk (thick) around 1500 - 2000 cc (Santan kental dengan ukuran kira-kira 1500 - 2000 cc)

# Red Chili 100 gr (Cabe Merah 100 gr) If you like more spices add more chili (Jika anda ingin lebih pedas bisa menambakan cabai)

# Garlic 5 pcs (Bawang Putih 5 biji)

# Red Onion/shallot 5 pcs (Bawang Merah 5 biji)

# Ginger 3cm   (Jahe ukuran 3 cm)

# Tumeric 2 small pcs (Kunyit 2 batang kecil)

# Tumeric leaves 3 pcs - cut into small slices (Daun Kunyit 3 lembar-potong halus)

# Bay leaves 2-3 pcs (Daun Salam 2-3 lembar)

# Emiya shiro 3 pcs (Serei 3 batang)

# Coriander 15-20 grain (Ketumbar secukupnya)

Tamarind seeds 1 pcs (Asam Kandis or asam padang 1 biji)

# Small amount of palm sugar (Gula Merah sedikit)

# Kentang (preferable)  (Potato /sesuai selera)





 2nd Step ; Cook all ingredient together
Langkah II ; Masak dan masukan semua bahan

Grind ingredients such as red chili, garlic, red onion and coriander until smooth (no more seeds). Then cut meat in cube size, peel off the skin of ginger and tumeric then smashed it. Also tied and smashed emiya shiro (serei) then, put some oil in pan wait until hot then add all the ingredients which had been grind before cook for few minutes. When it is slightly cook, brown colour then add around 1000 cc thick coconut milk, turmeric, ginger, semiya shiro (serei) and slices of turmeric leaves, bay leaves and tamarind seeds. Stir and mix all together often until it is boil and bit thick . Cook with medium fire for  around 15 -20 minutes.

Giling/tumbuk bahan - bahan seperti cabe merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar hingga halus (tidak ada biji). Lalu, potong daging ukuran empat persegi, kupas dan tumbuk pipih jahe dan kunyit. Ikat seperti pita erei lalu tumbuk (geprek) hingga pipih (lepes). Setelah itu, panaskan wajan, taruh miyak secukupnya untuk menumis semua bahan bahan yang telah di giling tadi. Masak hingga merata dan sedikit berwarna coklat lalu setelah itu tambahkan santan kelapa kental sekitar 1000 cc, kunyit, jahe, daun kunyit yang telah di potong halus, serei, daun salam dan asam padang. Aduk hingga rata sesering mungkin supaya santannya tidak pecah, lalu tunggu hingga mendidih dan mengental. Masak dengan ukuran api sedang sekitar 15-20 menit.





3rd Step ; Wait until dry, soft and thick
Langkah III : Tunggu hingga mengering, lembut dan kental

After it was cooked for around 15-20 minutes, rendang have been thick so, add more coconut milk around 500-1000 cc. Stir and mix all together then add tamarind, palm sugar and potato (preferable). Cooked with small fire around another 20-30 minutes until it was thick (less water) and the meat soft.

Setelah rendang di masak sekitar 15-20 menit, kuah rendang telah menjadi kental maka tambahkan lagi santan kelapa sekitar 500-1000 cc. Aduk semuanya hingga rata, lalu tambahkan asam, gula merah dan kentang bila di inginkan. Masak dengan api kecil sekitar 20-30 menit lagi hingga rendang mengental (tidak ada air lagi) dan dagingnya lembut.




Final Step ; Ready to serve
Langkah terakhir : Siap untuk di hidangkan


After there is no more water (thick), it is mean Rendang is ready to serve. Make sure the meat and potato (preferable) is cooked and soft enough. Finally, it can be consume with rice or other dishes. Selamat mencoba dan Selamat makan ^-^

Setelah tidak ada lagi air atau Rendang telah mengering berarti Rendang siap untuk di hidangkan. Pastikan bahwa daging & kentang telah masak dan cukup lembut. Terakhir, Rendang dapat di santap dengan nasi atau dengan makanan lain. Selamat mencoba dan selamat makan ^-^








 NOTE; 

-Previously, these article recipe was writing in my other blog "https://witaworld.wordpress.com/2018/02/09/cara-membuat-indonesia-rendang-indonesia-rendang-recipe/". However, due some reason i had deleted the article and rewrite again in this blog.


Thank you.



Comments