Berobat & Liburan di Penang, Malaysia


Penang adalah salah satu negara bagian Malaysia yang dikenal sebagai "UNESCO World Heritage city". Selain itu, kota yang berlokasi di semenanjung malaka ini juga terkenal dengan wisata kulinernya, pantai yang indah dan tentu saja tidak lupa bagi banyak warga negara indonesia Penang terkenal dengan rumah sakitnya dan tempat berobat.


Mengapa berobat ke Penang?

"Kenapa berobat ke Penang?" mungkin adalah salah satu pertanyaan yang banyak kita dengar ataupun sering di tanyakan kepada kita yang pernah berobat ke sana. Untuk pertanyaan ini saya yakin dan percaya setiap dari kita mempunyai alasan masing-masing.

Secara pribadi, Penang bukanlah tempat yang asing bagi saya secara saya menempuh pendidikan di kota ini selama 3 tahun. Bahkan, saat pertama kali saya ke Penang, saya tidak tahu kalau rumah sakit di penang sangat di gemarin orang Indonesia khususnya orang Medan untuk berobat. Pandangan ini pun berubah setelah bertahun-tahun melihat dan menemani saudara, keluarga, dan teman yang berobat. Alasan mengapa banyak orang indonesia memilih berobat ke Penang dikarenakan diognosa yang jelas, transparasi proses yang jelas, alat-alat teknologi yang lebih modern, dokter yang lebih berkualitas dan karena biaya yang lebih murah. Tentu saja alasan ini hanya pendapat saya dan mungkin bisa berbeda dengan alasan orang.

Di akhir tahun 2009, kakek saya mempunyai masalah jantung dan akhirnya memutuskan untuk berobat ke salah satu rumah sakit di Penang. Setelah melakukan pemeriksaan akhirnya dokter mendiagnosa dan  menyarankan untuk melakukan operasi. Operasi pun di lakukan dan hasilnya berjalan lancar dan tidak ada masalah hingga sekarang. Beberapa bulan kemudian, di tahun 2010 nenek saya juga mempunyai masalah dengan kesehatanya. Keluarga memutuskan untuk membawa kepenang untuk di periksa. Dari hasil pemeriksaan disarankan untuk melakukan operasi secepatnya. Operasi yang di lakukan kala itu sangat berbahaya dan setelah operasi pun beliau mesti tingal di ICU untuk beberapa waktu. Bahkan setelah keluar dari ICU, beliau mesti di rawat di rumah sakit lebih dari sebulan. Setelah kondisi membaik, beliau kembali ke Indonesia dan melakukan check up setiap 3 bulan sekali dalam beberapa tahun. Sekarang beliau sangat sehat dan tidak ada masalah yang berkelanjutan dari operasi atau pengobatan yang di lakukan walaupun sekarang hanya setahun sekali melakukan check up.

Lalu, di awal tahun 2018, mama saya juga diognosa dokter di medan tentang penyakit di telinganya. Setelah melakukan X-Ray dan di perikasa, Dokter tidak bisa memutuskan jenis penyakit apa yang ada di telinga mama saya. Apakah tumor atau penyakit lainnya. Tanpa ada penjelasan dan diognosa yang jelas dokter hanya menyarankan untuk melakukan operasi. Akhirnya, karena ketidakjelasan kamipun memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke Penang.

Pertama kami pergi berobat ke Lam Wah Ee Hospital dan karena mama baru pertama kali berobat di rumah sakit itu (pasien baru) kami mesti mengantri dari jam 5 pagi untuk mendaftar (registrasi). Loket pendaftaraan baru di buka pada jam 8 atau 9 pagi. Proses yang lumayan panjang dan lama mungkin di karenakan banyak orang Indonesia yang berobat ke rumah sakit ini. Lam Wha Ee Hospital adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan biayanya yang lebih murah di bandingkan rumah sakit lainnya di Penang.

Setelah proses yang lumayan lama akhirnya kami datang ke dokter specialist THT. Dokter melakukan pemeriksaan akan  tetapi di karenakan mama sangat ketakutan dan gugup nafas beliau tidak stabil saat itu. Dokter yang melihat dan mendengar hal itu sangat panik dan mengangap tidak wajar maka beliau menghentikan pemeriksaan. Dokter menyarankan untuk melalukan test jantung dan menemui dokter jantung. Mama saya memang mempunyai penyakit jantung bawaan sejak kecil, tapi terakhir malukan medical check up di Island Hospital, Penang tidak pernah ada masalah. Di karenakan dokter tidak mau memeriksa masalah telinga mama saya apabila tidak melalukan check jantung akhirnya kamipun memutuskan untuk pindah ke rumah sakit lain. Sudah sejak lama mama berobat dan bahkan hampir setiap tahun mama melakukan medical check up ke Island Hospital, Penang. Dulu nenek dan kakek juga melakukan operasi di rumah sakit ini. Rumah sakit dan dokter yang tidak asing buat mama, mungkin bisa membantu kami mendiagnosa penyakit apa yang ada di telinga mama saya. Maka, kamipun datang ke Island hospital, melakukan pendaftaraan (registrasi) dengan hanya menunjukan pasport. Process registrasi sangat cepat  dan dikarenakan mama sudah pernah berobat nama beliaupun sudah terdaftar walupun tidak membawa kartu berobat hanya menunjukan passport.

Pada saat di Island hospital, kami tidak tahu dokter THT mana yang bagus. Di rumah sakit penang, terdapat beberapa pilihan dokter yang bisa kita pilih sesuai dengan spesialisasi mereka. Di karenakan minim nya pengetahuan kami dokter mana yang cocok buat mama akhirnyan mama memutuskan untuk menemui dokter yang sering menangani mama, nenek dan kakek saya. Dokter ini lalu nantinya merujuk dokter THT untuk mama. Dokternya sangat ramah dan profesional, pertemuan sangat singkat tapi beliau bisa menenangkan mama supaya tidak takut dan panik. "Tidak ada masalah apa-apa dengan telinga ibu" Ibu jangan kuatir, katanya. Mama pun akhirnya tidak panik dan kelihatan lebih tenang setelah keluar dari ruang dokter.

Setelah itu, dikarenakan masalah jantung di rumah sakit sebelumnya maka kami pun melakukan basic test jantung dan darah. Hasilnya semua normal tidak ada masalah apapun. lalu, kami menunggu beberapa jam sebelum dokter THT memeriksa mama saya. Dari hasil pemerikasaan ada masalah dengan telinga mama saya dan mesti segera di ambil atau di operasi kalau tidak akan membesar dan menyebar. Dokter juga menjelaskan proses operasinya, jenis penyakinya dan beberapa biayanya. Proses yang sangat transparant dan jelas.

Setelah mendapat infornasi jelas kami pun kembali ke Indonesia dan beberapa minggu kemudian datang kembali ke Penang untuk melakukan operasi. Operasi berjalan beberapa jam tapi setelah operasi mama tidak perlu di rawat di rumah sakit dan bisa langsung pulang. Jujur, ini pertama kali saya melihat dokter menyarankan orang yang baru di operasi beberapa jam kemudian di suruh pulang. Sangat efficient dan hemat biaya dan saya rasa dokter sangat berpengalaman  dan tahu benar kondisi mama saya tidak memebahayakan untuk di suruh pulang. Keesokannya, kami kembali ke rumah sakit untuk membuka perban dan melakukan pengecheckan. Tidak ada masalah dengan lukanya dan dokter juga menginformasikan bahwa daging "sesuatu" yang tumbuh di telinga mama saya tidak berbahaya dan juga bukan tumor ganas. Dokter juga menginfokan bahwa oktopsi hasil labotarium juga akan di kirimkan kepada saya. Mama bisa pulang dan tidak ada masalah hingga sekarang.

Dari pengalaman di atas, secara pribadi kenapa saya dan keluarga memilih berobat ke penang pertama karena "Jelas" dan "dokter sanangat profesional". Jelas diagnosa, prosesenya dan jelas biayanya. Dari pengalaman mama, dokter menginfokan berapa kira-kira biayanya dan setelah melakukan semua preses dari mulai operasi, obat  dll bahkan biayanya lebih murah dari yang diinfokan di awal. Lalu, selain prosesnya jelas dokter juga sangat profesional dari penanganan pasien dan tidak adanya masalah berkelanjutan setelah operasi atau melakukan pengobatan. Sangat minim mal praktek yang sangat membahayan jiwa pasien.

Di rumah sakit dan penginapan kami bertemu banyak orang Indonesia yang menceritakan bagaimana banyak dokter di rumah sakit di Indonesia melakukan salah diagnosa atau salah operasi. Untuk masalah biaya beobat di Penang saya rasa lebih murah terlebih check up hanya di lakukan beberapa bulan sekali. Saya pernah sakit dan berobat di salah satu rumah sakit di Indonesia, saya mesti melakukan check up setiap minggu untuk mendapatkan obat.

Ini pengalaman saya dan kenapa memilih Penang sebagai tempat berobat untuk mama. Bukan karena saya tidak suka rumah sakit indonesia ataupun ada masalah yang lain. Saya yakin setiap orang mempunyai alasan masing - masing kemana mau berobat tapi satu yang paling penting kesehatan sangat berharga.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------

RUMAH SAKIT DI PENANG

island-hospital
Penang mempunyai beberapa rumah sakit, ada rumah sakit punya pemerintah ataupun rumah sakit swasta. Terlampir di bawah beberapa rumah sakit di Penang :

1.Gleneagles Penang Medical Centre

Alamat : 1, Jalan Pangkor, Pulau Tikus, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

2. Island Hospital   

Alamat : 308, Jalan Macalister, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

3. Penang Adventist Hospital 

Alamat : 465, Jalan Burma, George Town, 10350 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

4. Loh Guan Lye Specialist Centre

Alamat : 238, Jalan Macalister, George Town, 10400 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

5. Lam Wah Ee Hospital

Alamat : No. 141, Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim, Jelutong, 11600 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

6. Hospital Pulau Pinang (The Penang General Hospital)

Alamat : Jalan Residensi, 10990 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

7. Pantai Hospital Mutiara

Alamat : 82, Jalan Tengah, 11900 Bayan Lepas, Pulau Pinang, Malaysia

8. Mount Miriam Cancer Hospital

Alamat : 23, Jalan Bulan, Tanjong Takong, 11200 Tanjung Tokong, Pulau Pinang, Malaysia


-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk warga negara yang ingin berobat ke Penang terdapat beberapa perwakilan rumah sakit nya di Indonesia :
 
# Ms.Vera, perwakilan Island Hospital di Indonesia.

3-perwakilan-island-hospita-di-medan-indonesia

Mr.Gunawan, Lam Wah Ee Hospital. Nomor Telp:  (+62) 813-61684903

Note:

* Buat yang pertama kali mau berobat ke penang mungkin bisa menghubungi perwakilan di atas, mereka akan melakukan pejemputan di airport hingga ke rumah sakit tanpa biaya.  

* Saya pernah menghubungi Ms.Vera melalui WA untuk berobat ke Island Hospital. Lalu, Ms.Vera meminta info tentang tanggal kedatangan, nama dan no passport yang mana nantinya bisa di lakukan untuk pengaturan penjemputan di Penang Bandara oleh pihak Island hospital,Penang.

* Pendaftaraan di rumah sakit penang sangat jelas dan transparant. Pengobatan dapat di lakukan segera setelah melakukan pendaftaraan. Hal ini terkecuali apabila dokter yang anda ingin tuju tidak ada atau tidak praktek pada hari itu.

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagaimana Medical Check Up di Penang? dan Berapa Biayanya?

Banyak rumah sakit di Penang menyediakan paket medical check up dengan berbagai jenis pilihan test kesehatan. Harganya sangat beragam tergantung dengan paket Medical check up yang di tawarkan oleh setiap rumah sakit. Setiap paket medical check up yang di tawarkan pun bisa di tambah dengan beberapa test kesehatan lainya sesuai permintaan pasien.

*Terlampir di bawah ini jenis paket Medical Check up Lam Wah Ee Hospital,Penang. Paket dan harga yang tertera di bawah adalah untuk di awal tahun 2018. Harga dan content bisa berubah, untuk informasi nlebih lanjut bisa coba kontak ke pihak rumah sakitnya. 

 

Untuk proses medical check up di Penang hampir sama dengan yang di Indonesia. Pasien diminta untuk melakukan puasa semalam/sehari sebelumnya. Bila anda terburu waktu dan ingin melakukan proses medical check up secepatnya atau pada hari yang sama anda datang ke rumah sakit di Penang mungkin anda bisa berpuasa sebelumnya. Tapi, perlu di ingat proses medical check up di rumah sakit di Penang selalu di mulai sejak pagi hari sekitar jam 9 atau 10 pagi atau bahkan ada yang lebih pagi.

Proses Medical check up di penang biasanya memakan waktu 4-6 jam tergantung beberapa banyak orang atau tambahan di luar dari paket yang di tentukan. Untuk Medical check up di Island Hospital, anda juga bisa memilih dokter yang akan membacakan hasil medical check up anda. Biaya untuk medical check up di island hospital berkisar Rp.3 juta (Harga terakhir medical check up tahun 2017) sudah termasuk dengan tambahan trade mill untuk jantung dan momogram untuk kanker payudara.

Hasil keseluruhan medical check up anda bisa di dapat pada hari yang sama setelah beberapa menit atau jam anda selesai melakukan test kesehatan (medical check up).



Liburan di Penang? Kemana & apa tempat wisata yang bisa di kunjungi? 

Selain berobat, Penang juga menawarkan berbagai atraksi atau tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Kota Penang terkenal dengan wisata kuliner, wisata alam khususnya pantai yang indah, wisata belanja, budaya dan banyak lagi.

Mungkin salah satu yang menjadi keungulan atau bahan pertimbangan anda untuk memilih penang sebagai tempat berobat adalah anda bisa berobat sekalian berlibur. Bagi yang ingin menghirup udara segar setelah berobat, melihat laut biru mungkin bisa mengunjungi "Pantai Batu Ferringi" . Batu Feringgi terletak tidak jauh dari pusat kota Goerge town dan di bisa ditempuh melalui bus. Selain pantai, Batu Feringgi juga menawarkan pasar malam yang mana di sana banyak menjual acessories penang, tas, makanan dll.

Di penang juga terdapat banyak kuil, temple  dan museum yang bisa di kunjungi. Lalu, ada Penang Hill (bukit bendera) dataran tinggi Penang yang mana anda bisa melihat kota Penang dari sini. Untuk naik ke atas pengunjung akan mengunakan Penang hill railway (kereta). Selain itu di sini juga terdapat owl museum, tempat tato dll. Alternative lainya, anda bisa shooping atau berbelanja ke beberapa mall  atau pasar di Penang.
 

Bagaimana transportasi, penginapan dan makanan di Penang?

Untuk jenis transportasi di Penang, ada bus umum yang di penang di kenal dengan nama "rapid Penang". Harga sekali naik di tentukan dengan rutenya (jaraknya). Untuk informasi rute bisa di check di http://www.rapidpg.com.my/  Rapid Penang juga mempunyai rute "ke" atau "dari" Penang International airport ke Komtar. Selain, rapid Penang juga ada taxi umum (regular taxi) dan grab. Grab applikasi di Penang sama dengan yang di Indonesia jadi kamu juga bisa mengunakan grab di penang.

Penang menawarkan berbagai jenis penginapan (akomodasi) untuk wisatawan (tourist). Harga sangat variatif tergantung dengan kantong anda, ada hotel, motel, guest house atau inn, sewa apartment dan lain sebagainya. Biasanya banyak orang Indonesia menginap di guest house atau apartement yang tidak jauh dari rumah sakit.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk info penginapan anda bisa mengecek website seperti booking.com, agoda.com, traveloka.com dll. Alternativbe lain anda juga bisa menghubungi (WA) beberapa penginapan di bawah ini:
  •  Mr. Nelson (+60 16-462 8861) atau Kak Dora (+60 10-394 1969)
Guesthouse atau penginapan murah yang berlokasi di Gerbang Midlands dekat dengan Gurney Plaza, Midlands one stop, and Adventist hospital. Selain itu mereka juga ada guest house dekat pasar pulau tikus dekat dengan Island Hospital.
  • Ms.Grace (006-012-522 7836) atau (006-012-482 6287)
Penginapan Burmahtel (motel) yang berlokasi di jalan Burma tidak jauh dari pasar pulau tikus dan Island Hospital.
  • Adi (+60 16-563 2642)
 Sewa penginapan (kamar) di apartment Mewah court yang berlokasi tidak jauh dari rumah sakit Lam Wah Ee. Untuk info lebih lanjut silakan contact personnya.



(****Untuk info penginapan lainnya di Penang bisa tulis di kolo koment. Terima kasih****)


img_20161104_003219Penang juga terkenal dengan makanannya yang beraneka ragam,enak dan murah. Ada berbagai jenis makanan dari masakan Chinese, India, Melayu, Peranakan, Western dll.

Di Penang terdapat makanan halal maupun non-halal semua dengan harga terjangkau. Juga banyak yang menjual makanan vegetarian yang mungkin bisa di coba.

Untuk yang berobat, makanan di rumah sakit  kantin seperti di Island Hospital, Adventist juga lumayan dan halal. Nasi Kandar juga bisa menjadi pilihan untuk makanan halal.

Bagi yang rindu masakan Indonesia, ada beberapa restaurant Indonesia di Penang seperti di Midland One Stop Mall dll. Terakhir, anda bisa berbelanja di pasar / supermarket dan masak sendiri. Banyak penginapan seperti guest house contoh "Kak Dora" menyediakan dan memperbolehkan memasak.




Bagi anda yang sedang mencari tempat berobat mungkin Penang bisa menjadi salah satu pilihan anda. Silakan tinggalkan komment dan pesan jika ada pertanyaan.^-^

Terima kasih dan jangan lupa subscribe dan comment tentang pengalaman kamu berobat ke Penang.^_^'



*****NOTE******

Post ini adalah lanjutan dari post saya sebelumnya di blog www.witaworld.wordpress.com "Part I; Berobat & liburan di Penang" https://witaworld.wordpress.com/2016/11/28/berobat-liburan-di-penang-malaysia/





















Comments